Syarat Penggunaan Layanan

 

Pendahuluan

Selamat datang di platform Tijar (“Situs”). Silakan baca Syarat Penggunaan Layanan berikut dengan cermat sebelum menggunakan Situs ini atau membuka akun Tijar (“Akun”) agar Anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum Anda sehubungan dengan Tijar Halal Marketplace Indonesia dan afiliasinya dan anak perusahaannya (masing-masing dan bersama-sama, “Tijar” atau “kami”).

“Layanan” yang kami berikan atau sediakan termasuk (a) Situs, (b) layanan yang disediakan oleh Situs dan oleh perangkat lunak klien Tijar yang tersedia melalui Situs, dan (c) semua informasi, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, musik, suara, video, pesan, tag, konten, pemrograman, perangkat lunak, layanan aplikasi (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap layanan aplikasi mobile) atau materi lainnya yang tersedia melalui Situs atau layanan terkait (“Konten”). Setiap fitur baru yang ditambahkan atau memperbesar Layanan juga tunduk pada Syarat Layanan ini. Syarat Layanan ini mengatur penggunaan Layanan yang disediakan oleh Tijar.

Layanan termasuk layanan platform online yang menyediakan tempat dan peluang untuk penjualan barang antara pembeli (“Pembeli”) dan penjual (“Penjual”) (secara bersama-sama disebut “anda”, “Pengguna” atau “Para Pihak”).

DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN TIJAR ATAU MEMBUKA AKUN, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ATAU TERKAIT DI SINI.

APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES SITUS. APABILA ANDA DI BAWAH USIA 17 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI ORANG TUA ATAU WALI UNTUK MEMBUKA AKUN DAN ORANG TUA ATAU WALI TERSEBUT HARUS MENYETUJUI KETENTUAN PERJANJIAN INI.

APABILA ANDA TIDAK MEMAHAMI BAGIAN INI, MOHON JANGAN MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI ANDA. APABILA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI ANAK DI BAWAH UMUR YANG MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENERIMA KETENTUAN PERJANJIAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN AKUN TERSEBUT, BAIK APAKAH AKUN TERSEBUT SUDAH DIBUKA SAAT INI ATAU DIBUAT DI MASA MENDATANG.

Kebijakan Privasi

Privasi Anda sangatlah penting bagi kami di Tijar. Untuk melindungi hak-hak Anda dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Silakan baca dokumen Kebijakan Privasi untuk memahami bagaimana kami mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan Akun Anda dan/atau penggunaan Layanan oleh Anda (“Informasi Pengguna”).

Ketersediaan Barang

Setiap Barang yang terlihat di halaman situs Tijar tersedia selama status ketersediaan “In Stock”, tidak dalam status “Out of Stock”, atau produk tidak hilang dari halaman Situs. Kami selalu memastikan agar sistem kami dapat bekerja dengan baik demi memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada Anda.

Apabila tanpa sengaja Anda memesan sebuah produk yang stoknya tidak tersedia, maka pesanan tersebut akan dibatalkan secara otomatis dan Anda akan memperoleh informasi melalui email atau telepon. Jika pesanan Anda telah dibatalkan namun Anda sudah membayar, Anda akan diberikan pilihan untuk membeli/mengganti dengan produk lain atau meminta dana Anda kembali.

Pembelian

Pembeli diharuskan bertransaksi sesuai prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh kami. Saat melakukan pembelian produk, pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan produk (termasuk di dalamnya informasi warna, ukuran, fungsi, dan lain sebagainya) sebelum membuat komitmen untuk melakukan pembelian.

Setiap pembelian yang statusnya sudah “processing”, “packed” atau “delivered” tidak dapat dibatalkan. Tijar hanya menyediakan fasilitas Return (pengembalian) bila barang tidak sesuai. Informasi selengkapnya ada di bagian Pengembalian Barang.

Pembayaran

Pembeli diharuskan melakukan pembayaran sesuai dengan prosedur yang telah tersedia dan ditetapkan di layanan Tijar. Pembeli melakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih, kemudian kami akan meneruskan dana ke tahapan transaksi jual beli pada sistem kami hingga selesai.

Adapun batas waktu pembayaran adalah 1 x 24 jam setelah pembeli melakukan checkout. Jika melebihi batas waktu tersebut, maka transaksi dianggap batal dan stok barang akan dikembalikan ke dalam sistem. Closing pembayaran melalui situs Tijar dilakukan dalam jangka waktu maksimal 2 jam setelah pembeli melakukan konfirmasi pengiriman uang pada jam kerja dan hari kerja tersebut.

Escrow (Rekening Bersama)

Escrow atau Rekening Bersama (Rekber) Tijar adalah layanan yang disediakan oleh Tijar atau agen pembayaran yang berwenang untuk melindungi pembelian. Untuk melindungi terhadap risiko tanggung jawab, pembayaran untuk pembelian yang dilakukan kepada Penjual dengan menggunakan Layanan akan diselenggarakan oleh Tijar atau agen yang berwenang (“Rekening Bersama Tijar”) dan Tijar tidak akan menggunakan dana Anda untuk pengeluaran operasional atau tujuan perusahaannya. Penjual tidak akan menerima bunga atau penghasilan lain dari jumlah yang telah Anda bayarkan ke Rekening Bersama Tijar.

Pengiriman

Dengan melakukan pembelian di situs Tijar maka Pembeli diharapkan telah memahami bahwa setiap biaya yang terkait dengan pengiriman barang akan dibebankan kepada pembeli. Kecuali ada kesepakatan lain antara Pembeli dengan Penjual dan/atau Tijar.

Tijar akan memberi tahu Penjual kapan Uang Pembelian Pembeli telah dikirim. Kecuali disepakati lain dengan Tijar, Penjual kemudian harus melakukan pengaturan yang diperlukan untuk mengirimkan barang yang dibeli kepada Pembeli dan memberikan rincian seperti nama perusahaan pengiriman, nomor resi pelacakan, dsb. kepada Pembeli melalui Situs.

Status Pesanan

Anda dapat memeriksa status pesanan Anda dengan mengunjungi halaman “Track Order / Lacak Pesanan” pada Akun Anda.

Pembatalan, Pengembalian Barang dan Uang

Demi mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada pembeli di tijar.id, kami menyediakan fasilitas Pengembalian Barang (Return). Pembeli dapat menggunakan fasilitas ini apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan ukuran yang dipesan atau terdapat cacat. Adapun ketentuan pengembalian barang sebagai berikut;

  • Barang dapat dikembalikan sebelum 3 hari kerja dari tanggal penerimaan
  • Perhitungan dimulai dari tanggal Anda menerima produk hingga tanggal cap pos yang tertera pada dokumen pengiriman yang Anda kembalikan pada kami
  • Barang tidak boleh dalam keadaan rusak, kotor, atau sudah pernah dicuci, termasuk kondisi kemasan/dus
  • Barang yang dikembalikan harus dalam keadaan yang sama pada saat Anda terima termasuk kelengkapannya
  • Untuk produk garansi, apabila ada kerusakan, silahkan hubungi pihak garansi melalui kontak yang tertera pada kartu garansi

Pembeli yang melakukan pengembalian barang wajib melampirkan dokumen tanda terima barang.

Kritik dan Saran

Tijar sangat terbuka menerima masukan, kritik dan saran dari Pengguna kami yang akan memungkinkan Tijar meningkatkan kualitas layanan yang disediakan. Silakan menggunakan formulir Hubungi Kami untuk mengirim masukan, kritik dan saran Anda.

Layanan Pelanggan

Kami hanya akan melayani pertanyaan dari pelanggan seputar masalah teknis pembelian, pengiriman, serta pengembalian produk.

Email: cs@tijar.id

Jam Kerja Operasional:

Senin – Jumat 08:00 – 16:00 WIB
Sabtu 08:00 – 13:00 WIB
Minggu & Hari libur nasional (tutup)